Kurikulum

Profil Lulusan

Profil lulusan lulusan adalah sosok kemampuan yang harus dimiliki lulusan yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Profil sarjana lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel adalah memiliki empat Standar kompetensi yang terdiri dari kompetensi dasar, kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.

Kompetensi Dasar

 

Kompetensi dasar adalah kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa sebagai dasar bagi kompetensi utama dan kompetensi tambahan. Kompetensi dasar yang yang harus dimiliki lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris antara lain:

      1. Memiliki penguasaan ilmu-ilmu keislaman serta mampu menerapkannya di masyarakat dalam menjalankan profesinya
      2. Memiliki ketrampilan berbahasa Indonesia dan Asing yang menunjang profesinya.
      3. Memiliki rasa kebangsaan, kebhinekaan, demokratis, dan rasa solidaritas sosial.

Kompetensi Utama

 

Kompetensi utama adalah kompetensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa sesudah menyelesaikan pendidikannya di suatu program Studi tertentu.Kompetensi utama disusun berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kompetensi utama ini terdiri atas kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.

a.   Kompetensi Pedagogik

  1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual
  2. Memiliki teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
  3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
  4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
  6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
  7. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
  8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
  9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
  10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

 

b. Kompetensi Kepribadian

  1. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
  2. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat
  3. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa
  4. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri
  5. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru

 

C. Kompetensi Sosial

  1. Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi
  2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat
  3. Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial dan budaya
  4. Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain

 

d.   Kompetensi Profesional

  1. Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan bahasa inggris
  2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa inggris di sekolah / madrasah
  3. Mengembangkan materi pembelajaran bahasa inggris secara kreatif
  4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

 

KompetensiPendukung

 

Kompetensi pendukung adalah kompetensi di luar kompetensi dasar dan kompetensi utama yang ditetapkan oleh program studi sebagai pilihan yang harus dipilih oleh mahasiswa dan mendukung profesinya kelak. Adapun kompetensi pendukungprogram studi Pendidikan Bahasa InggrisFakultas Tarbiah IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah memiliki kemampuan dalam aplikasi kemampuan berbahasa di bidang pendidikan Bahasa Inggris dan melakukan penelitian dalam dunia pendidikan bahasa.

 

KompetensiLainnya

 

Kompetensi lainnya adalah kompetensi lulusan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi/ program studi sendiri sebagai ciri lulusannya dan untuk memberi bekal lulusan agar mempunyai keluasan dalam memilih bidang kehidupan serta dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Adapun kompetensi pendukungprogram studi Pendidikan Bahasa InggrisFakultas Tarbiah IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan kemampuan berbahasa di luar bidang pendidikan Bahasa Inggris.

 

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Profil sarjana lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel adalah memiliki empat Standar kompetensi yang terdiri dari kompetensi dasar, kompetensi utama, kompetensi pendukung dan lainnya.

Kompetensi Dasar

 

Kompetensi dasar adalah kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa sebagai dasar bagi kompetensi utama dan kompetensi tambahan. Kompetensi dasar yang yang harus dimiliki lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris antara lain:

  1. Memiliki penguasaan ilmu-ilmu keislaman serta mampu menerapkannya di masyarakat dalam menjalankan profesinya
  2. Memiliki ketrampilan berbahasa Indonesia dan Asing yang menunjang profesinya.
  3. Memiliki rasa kebangsaan, kebhinekaan, demokratis, dan rasa solidaritas sosial.

 

Kompetensi Utama

 

Kompetensi utama adalah kompetensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa sesudah menyelesaikan pendidikannya di suatu program Studi tertentu.Kompetensi utama disusun berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kompetensi utama ini terdiri atas kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.

A.   Kompetensi Pedagogik

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual
    2. Memiliki teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
    3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
    4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
    5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
    6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
    7. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
    8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
    9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
    10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

 

B. Kompetensi Kepribadian

  1. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
  2. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat
  3. Menanmpilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa
  4. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri
  5. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru

 

C. Kompetensi Sosial

  1. Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi
  2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat
  3. Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial dan budaya
  4. Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain

 d.   Kompetensi Profesional

  1. Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan bahasa inggris
  2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa inggris di sekolah / madrasah
  3. Mengembangkan materi pembelajaran bahasa inggris secara kreatif
  4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

 

KompetensiPendukung

 

Kompetensi pendukung adalah kompetensi di luar kompetensi dasar dan kompetensi utama yang ditetapkan oleh program studi sebagai pilihan yang harus dipilih oleh mahasiswa dan mendukung profesinya kelak. Adapun kompetensi pendukungprogram studi Pendidikan Bahasa InggrisFakultas Tarbiah IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah memiliki kemampuan dalam aplikasi kemampuan berbahasa di bidang pendidikan Bahasa Inggris dan melakukan penelitian dalam dunia pendidikan bahasa.

 

KompetensiLainnya

 

Kompetensi lainnya adalah kompetensi lulusan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi/ program studi sendiri sebagai ciri lulusannya dan untuk memberi bekal lulusan agar mempunyai keluasan dalam memilih bidang kehidupan serta dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Adapun kompetensi pendukungprogram studi Pendidikan Bahasa InggrisFakultas Tarbiah IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan kemampuan berbahasa di luar bidang pendidikan Bahasa Inggris.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *